KUALITAS PRODUK, LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA DEPOT AIR ISI ULANG RYAN DI KOTA POSO
Abstract
Dalam penelitian ini menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan.Lokasi penelitian adalah Depot Air Minum Isi Ulang RIYAN Di Kota Poso. Data primer diperoleh langsung dari obyek penelitian yaitu pelanggan Air Minum Isi Ulang sedangkan untuk data sekunder diperoleh melalui dokumen tertulis berupa data langganan dan perkembangan usaha yang ada di Depot air minum isi ulang Riyan. Dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen.
Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda hasil :
Y = 27,331 + 0,120 X1 - 0,237 X2 - 0,24 X3
Variabel kualitas produk (X1),kualitas layanan (X2) dan harga (X3) secara simultan berpengaruh signifikan (0,029 < 0,05) terhadap kepuasan pelanggan pada Depot Air Minum Isi Ulang RIYAN. Dan secara parsial variabel kualitas produk (X1) dan harga (X3) berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasaan pelanggan kecuali kualitas layanan (X2) berpengaruh signifikan (0,016 < 0,05). Koefisien Korelasi (R) sebesar 0,420,artinya korelasi atau keeratan hubungan variabel bebas yang terdiri dari kualitas produk,kualitas layanan dan harga dengan variabel terikat (kepuasan pelanggan) termasuk ketegori korelasi sedang. Koefisien Determinasi sebesar 0,176 atau 17,6 %. Dalam arti bahwa sebesar 17,6% perubahan kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kualitas produk,kualitas layanan dan harga. Nilai sig sebesar 0,029 berarti ketiga variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan pelanggan.
Kata kunci : Kepuasan pelanggan
Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda hasil :
Y = 27,331 + 0,120 X1 - 0,237 X2 - 0,24 X3
Variabel kualitas produk (X1),kualitas layanan (X2) dan harga (X3) secara simultan berpengaruh signifikan (0,029 < 0,05) terhadap kepuasan pelanggan pada Depot Air Minum Isi Ulang RIYAN. Dan secara parsial variabel kualitas produk (X1) dan harga (X3) berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasaan pelanggan kecuali kualitas layanan (X2) berpengaruh signifikan (0,016 < 0,05). Koefisien Korelasi (R) sebesar 0,420,artinya korelasi atau keeratan hubungan variabel bebas yang terdiri dari kualitas produk,kualitas layanan dan harga dengan variabel terikat (kepuasan pelanggan) termasuk ketegori korelasi sedang. Koefisien Determinasi sebesar 0,176 atau 17,6 %. Dalam arti bahwa sebesar 17,6% perubahan kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kualitas produk,kualitas layanan dan harga. Nilai sig sebesar 0,029 berarti ketiga variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan pelanggan.
Kata kunci : Kepuasan pelanggan
Full Text:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.