Strategi Retensi Karyawan PT. Sawit Jaya Abadi dalam Meningkatkan Empolyee Engagement

Serlia Raflesia Lamandasa, Frizka Paulin Lumentah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Retensi Karyawan PT. Sawit Jaya Abadi Dalam Meningkatkan Employee Engagement, telah dilaksanakan di PT. Sawit Jaya Abadi Desa Matialemba Kecamatan Pamona Timur Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah. Teknik pengumpulan data adalah :Observasi, Wawancara, Kuesioner, Dokumentasi. Penelitian ini melibatkan 30 responden kuesioner dan 5 responden wawancara.Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threaths.) yang dilakukan melalui matriks IFE (Internal Factor Evaluation) yang akan menguraikan faktor-faktor kekuatan terbesar dan kelemahan perusahaan dan matriks EFE (Eksternal Factor Evaluation) yang akan menguraikan faktor-faktor peluang dan ancaman yang dimiliki perusahaan. Kedua matriks ini akan dihitung berdasarkan rating dan bobot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) PT. Sawit Jaya Abadi dapat meningkatkan employee engagement dengan mempertahankan citra baik perusahaan dimata karyawan, memaksimalkan kesejahteraan karyawan, menyediakan kebutuhan bagi karyawan di dalam perkebunan, mengoptimalkan teknologi generation gap, melakukan strategi retensi karyawan yang tepat.(2) Nilai tertimbang Matrix Internal Factor Evaluation (IFE Matrix) adalah 3,52 yang mengindikasikan bahwa posisi PT. Sawit Jaya Abadi memiliki posisi internal yang sangat kuat. Sedangkan nilai tertimbang Matrix Eksternal Factor Evaluation (EFE Matrix) adalah 3,28 yang mengidikasikan bahwa PT. Sawit Jaya Abadi dalam menghadapi dinamika lingkungan eksternal posisi perusahaan relatif kuat.

Keywords

Strategi Retensi Karyawan, Employee Engagement, Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References

Gallup.(2004). Employee Engagement Index Survey.Gallup Management Journal.

Hasibuan, Malayu S.P.(2007).Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. BumiAksa.

Jogiyanto, H.M.(2005).Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis.ANDI, Yogyakarta.

Mathis, Robert L & John H. Jackson.(2009). Manajemen Sumber Daya Manusia: Buku Dua. Salemba Empat: Jakarta.

Rangkuti, Freddy.(2008).Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustakautama

Siddhanta,A.,&Roy,D.(2010). Employee engagement engaging the 21st century workforce.

Sugiyono, P. D.(2020). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploiratif, Enterpretif Dan Konstruktif. Edited By Y. Suryandari. Bandung: ALFABETA.

Sumarni, Murti.(2011). Pengaruh Employee Retention Terhadap Turnover Intention dan Kinerja Karyawan.Akmenika UPY. Vol. 8

Susilo, A.(2013). Pengaruh Retensi Karyawan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Kinerja.Jurnal Studi Akuntansi dan Bisnis, 251, Vol 1, No 3. Sutrisno.(2009).Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Vazirani, N.(2007). Employee Engagement.Working Paper Series.Mumbai : SIES College of Management Studies. Yusuf, A. Muri.(2014). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan”.Jakarta :prenada media group.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.